Kamis, 20 April 2017

Pengertian HTML pada website

Selamat malam, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai HTML !! Apa sih itu HTML dan apa fungsinya ?

HTML ialah singkatan dari Hypertext Markup Language. Disebut sebagai hypertext karena pada HTML terdapat sebuah text biasa yang dapat memiliki fungsi-fungsi tersendiri. Misalnya pada HTML disini kita bisa membuatnya menjadi sebuah link yang memiliki fungsi dapat berpindah pindah dari satu halaman ke halaman yang lainnya hanya dengan mengklik text tersebut. Fungsi dari text inilah yang dinamakan hypertext, walaupun pada saat implementasinya nanti bukan hanya text saja yang dapat dijadikan sebuah link.

Pengertian HTML pada website

Dinamakan Markup Language, karena HTML menggunakan tanda ( Mark ) yang berfungsi untuk menandai bagian-bagian tertentu dari sebuah text.

Contohnya, sebuah text yang berada diantara tanda tertentu maka akan menjadi tebal, dan jika berada diantara tanda - tanda yang lainnya maka akan menjadi besar. Tanda inilah yang di kenal sebagai HTML tag.

Jika kamu ingin melihat bagaimana sih sebenarnya HTML itu ? langsung saja klik kanan pada halaman ini, kemudian kamu pilih View Page Source ( pada Browser kamu ). dan kemudian akan tampil sebuah halaman atau tab baru yang menampilkan kode atau Syntax HTML dari halaman ini.

Pengertian HTML pada website

Mungkin kamu akan merasa terintimidasi begitu melihat kode-kode tersebut, tapi tenang saja, bukan hanya kamu saja yang mengalaminya, saya juga pernah mengalaminya. Oleh karena itu, pada blog ini saya akan membagikan tutorial ini mulai dari yang dasar - dasar terlebih dahulu.

HTML merupakan bahasa dasar pembuatan dari sebuah website. Disebut sebagai dasar karena dalam membuat sebuah website, jika kita hanya menggunakan HTML saja pada tampilan website, maka akan terasa begitu hambar.

Ada terdapat banyak bahasa pemograman untuk pembuatan sebuah website dengan tujuan untuk memanipulasi kode HTML,  contohnya antara lain adalah JavaScript dan PHP.  Namun, sebelum kamu  belajar JavaScript dan PHP, Kamu harus memahami terlebih dahulu HTML.

Perlu kamu ingat, bahwa HTML bukanlah bahasa pemograman . tetapi bahasa markup.

Selain HTML, ada juga yang namanya xHTML. ialah singkatan dari ( eXtensible Hypertext Markup Language. ) xHTML adalah versi lama dari HTML.

Mungkin sekian dulu untuk pengenalan HTMLkali ini, semoga bermanfaat.